Promosi Jabatan Harus Berdasarkan Kompetensi

UJI KOMPETENSI: Wabup Banggai, saat membuka pelaksanaan kegiatan Asesmen Uji Kompetensi, di Graha Pemda Banggai, Jumat (3/12). [Foto: Istimewa]

LENSA BANGGAI – Mewakili Bupati Banggai, Wakil Bupati Furqanuddin Masulili, membuka pelaksanaan kegiatan Asesmen Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai, di Graha Pemda Banggai pada Jumat (3/12) pekan lalu.
Wabup dalam sambutannya mengatakan, pedoman pelaksanaan asesmen kompetensi bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.
Pasal 117 menyatakan bahwa jabatan pimpinan tinggi pratama hanya dapat diduduki paling lama lima tahun dan berdasarkan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 pasal 131 ayat 1, yang menyatakan pengisian jabatan pimpinan tinggi yang lowong melalui mutasi dari satu jabatan Pimpinan Tinggi ke jabatan Pimpinan Tinggi yang lain tentu saja dapat dilakukan melalui Uji Kompetensi dari pejabat yang ada.
“Kompetensi dan kualifikasi pegawai harus sesuai dengan kompetensi dan kualifikasi jabatan,” tuturnya.
Adapun menurut Wabup, manajemen kepegawaian dalam hal rekrutmen, pengangkatan, penempatan dan promosi jabatan harus didasarkan pada unsur kompetensi dan kualifikasi.
“Mari kita wujudkan SDM aparatur yang profesional, bersih, transparan dan akuntabel,” pungkasnya. (dyt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *