Resmob Polres Banggai Ungkap Kasus Pencurian Peralatan Mobil

LENSABANGGAI, LUWUK-Polres Banggai berhasil mengungkap kasus dugaan pencurian peralatan mobil truck di salah satu bengkel di bekalang Terminal Boyou, Kecamatan Luwuk Utara, Kabupaten Banggai, Senin (12/12/2022) sekitar pukul 16.00 Wita.

Pengungkapan ini dilakukan usai korban melaporkan kasus tersebut ke SPKT Polres Banggai dengan laporan polisi nomor: LP/B/534/XII/2022/Spkt/Res-Bgi/Polda Sulawesi Tengah Tanggal 12 Desember 2022. Dari pengungkapan itu, Tim Resmob Satreskrim Polres Banggai berhasil menangkap empat pria asal Kecamatan Luwuk Utara masing-masing berinisial, YG (47), PD alias P (40) SK alias U (39) dan AR alias A (44).

Kapolres Banggai AKBP Yoga Priyahutama SH, SIK, MH, melalui Kasat Reskrim Iptu Dicki Armana Surbakti, mengungkapkan, saat itu mobil truk box berisikan alat-alat mobil sedang diperbaiki atau rusak di pinggir jalan depan gudang sehingga disitulah pada malam harinya pelaku melakukan aksinya mengambil alat-alat mobil truk dalam box. “Pelaku ini melakukan aksinya dengan cara merusak gembok box truk,” ungkap Dicki.

Ia menjelaskan, pencurian tersebut sudah dilakukan para tersangka berulang kali dan berhasil diketahui saat salah seorang karyawan bengkel melihat aksi para pelaku yang masuk ke halaman sambal membawa dua karung kosong. “Mereka mencuri sebanyak tiga kali, dengan kerugian sekitar Rp 126 Juta,” jelasnya.

Dicki menyebutkan, keempat pelaku ditangkap di kediamannya masing-masing tanpa pelawanan dan mengakui perbuatannya. “Untuk tersangka yang pertama kali ditangkap yakni PD alias P mengakui perbuatannya dan menyebutkan 5 pelaku lainnya namun yang berhasil ditangkap sebanyak 4 tersangka sedangkan 2 lainnya masih dalam pengejaran,” sebutnya.

Dari hasil pemeriksaan, kata Dicki, pencurian ini dilakukan atas petunjuk tersangka YG yang tidak lain adalah mantan security di bengkel tersebut sehingga memanfaatkan kesempatan tersebut. “Tersangka YG ini kemudian mengajak teman-temannya untuk mencuri alat alat mobil di bengkel milik korban,” kata perwira pangkat dua balak ini.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan yakni, dua buah Stik As mobil Dump truk, satu buah tali kopling mobil truk, dongkrak mobil, mesin dinamo mobil truk, kipas mobil, kunci ban dan alat ukur. “Saat ini para tersangka sudah diamankan di Mapolres Banggai guna proses hukum lebih lanjut,” pungkasnya. (*/aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *