TNI-Polri dan Pertamina Matindok Tanam Bibit Mangrove di Pantai

LENSABANGGAI, LUWUK-Sebagai bentuk sinergitas dan kepedulian terhadap lingkungan dan aparat TNI-Polri bersama Unsur Forkopimcam dan Pertamina Donggi Matindok melakukan penanaman ratusan bibit pohon mangrove, Selasa (11/6/2024).

Koordinator Bhabinkamtibmas Subsektor Toili Barat, IPDA Antoh Rambu mengatakan, penanaman ratusan bibit pohon mangrove di pesisir pantai Desa Pandanwangi, , Kabupaten Banggai ini sebagai upaya mengurangi potensi abrasi.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup tahun 2024 dengan tema “Land Restoration Desertification and Drought Resilience,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa mangrove sangat penting karena merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami.

“Dan manfaat penanaman mangrove ini sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya bencana alam,” jelas IPDA Antoh.

Dirinya pun berharap masyarakat tidak merusak dan dapat bersama-sama melestarikan hutan mangrove.

“Melalui kegiatan ini secara tidak langsung akan memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan merawat tanaman mangrove,” harapnya.

Hadir dalam penanaman ini yakni, Kadis Lingkungan Hidup Banggai, Camat Toili Barat, Danramil Toili, Kades Pandanwangi, dan sejumlah perwakilan Pertamina Donggi Matindok Field.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *